Home » , , , » Mengenali Masalah Pada BIOS

Mengenali Masalah Pada BIOS

Mengenali Masalah Pada BIOS - Hello sahabat blogger, pada postingan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengenali masalah pada BIOS. Sebelum menuju ke caranya kalian sudah tahu belum apa itu BIOS? BIOS merupakan singkatan dari Basic Input/Output System. Bios sendiri merujuk kepada kode opsional atau software yang pertama yang di jalankan oleh komputer ketika ia mulai di hidupkan. Bios juga bisa di katakan kode pengaturan yang di benamkan kedalam suatu cip untuk mengenali dan memulai tugas yang di setting pada motherboard.


Oya sahabat pada umumnya masalah pada BIOS dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti dari baterai yang sudah habis, kesalahan pengaturan BIOS, motherboard rusak atau oleh karena kegagalan update. Khusus untuk penyebab terakhir dapat menyebabkan komputer tidak dapat mengakses BIOS sama sekali(mati total).

Berikut adalah  gejala yang terjadi jika ada masalah pada BIOS antara lain :
  • Monitor tidak menampakkan gambar
  • Terdengar suara Beep pada hardware
Suara Beep pada BIOS memiliki arti yang berbeda-beda yang dapat menunjukkan pada bagian hardware mana problem berasal. Pada beberapa bunyi beep yang dijelaskan dibawah ini dapat digunakan sebagai indikasi cara mengenali bagian kerusakan pada BIOS.

AMI BIOS 
- Beep 1x: Memori RAM tidak kencang atau rusak.
- Beep 6x: Kode kerusakan Error Gate A20. Menunjukkan adanya problem pada keyboard.
- Beep 8x: VGA Card tidak kencang atau rusak.
- Beep 11x: Checksum Error. Coba ganti baterai BIOS dengan yang baru.

AWARD BIOS
- Beep panjang 1x: Memori RAM tidak kencang atau rusak.
- Beep 1x ,2x pendek : Adanya problem pada VGA CARD.
- Beep 1x ,3x pendek : Adanya problem pada keyboard.
- Beep berkepanjangan: Adanya problem pada Memori RAM.

Nah dari data suara beep diatas, masalah yang sering muncul pada pc saya yaitu masalah pada RAM dan pada Keyboard. Semoga dengan mengetahui masalah pada bios ini sahabat dapat memperbaiki sendiri kerusakan yang terjadi pada pc sahabat dan tentunya lebih dapat menghemat uang karena tak perlu mengeluarkan biaya perbaikan ke tukang servis komputer. Sekian dari saya dan semoga bermanfaat!


0 komentar:

Post a Comment




Popular Posts